Cuaca Ekstrem Akibatkan Banjir dan Tanah Longsor

182

NGAWEN – Rabu Pon | Cuaca ekstrem kerap terjadi di Kabupaten Gunungkidul beberapa hari terakhir. Hujan deras, angin kencang, banjir dan tanah longsorpun terjadi di beberapa tempat.

Seperti yang terjadi di Padukuhan Mundon RT, 02/07, Desa Tancep, Kecamatan Ngawen, Selasa malam (07/01/2020).  Akibat hujan deras, batuan besar longsor dari atas bukit, mengancam keselamatan warga.

 

 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Edy Basuki menyampaikan, sebelum kejadian, warga sempat mendengar suara gemuruh dari perbukitan Mundon. Setelah di cek ke lokasi, nampak longsoran batu besar berhenti di lereng.

“Takut terjadi sesuatu, warga yang berada di bawah bukit kemudian mengungsi, mengingat adanya aliran air dari atas bukit, ” jelasnya.

Edy mengatakan, satu rumah berada tepat di bawah bukit. Kalau warga tidak segera mengungsi, dikhawatirkan batu besar tersebut meluncur ke bawah dan mengancam keselamatan jiwa.

Satu rumah terancam longsoran yakni milik Pangad (62) berpenghuni tiga jiwa. Sementara mereka mengungsi di rumah adiknya, Harto yang jauh dari lokasi terjadinya longsor.

“Selain karena takut menjadi korban tanah longsor, bahaya lain mengancam yakni, adanya bebatuan besar yang sudah mulai retak-retak di atas perbukitan,” terang Edy.

Saat ini, petugas gabungan BPBD Gunungkidul, BPBD Klaten, TNI, Polri, Perangkat Desa, dan warga melakukan penanganan di lokasi longsor. (hr)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.