Daerah Pemilihan Legeslator Gunungkidul Segera Diumumkan

552

WONOSARI-SELASA WAGE | Ketua KPUD Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani menyatakan, bahwa tanggal 17 Desember 2022 telah mengajukan tiga rancangan daerah pemilihan (Dapil) Pemilihan Legeslator 2024. Satu di antara rancangan tersebut adalah duplikasi Dapil 2019.

“Tetapi yang memiliki kewenangan mutlak untuk menentukan Dapil adalah KPU RI,” ucap Ruslan Hani kala itu.

Sesuai tahapan Pemilu Serentak 2024, penetapan jumlah kursi dan daerah pemilihan yang diminta KPU RI Jumat, 14 Oktober 2022 bakal diumumkan Kamis, 9 Februari 2023.

Untuk Gunungkidul KPUD belum memberi penjelasan, tetapi jika KPU RI memilih seperti yang dilaksanakan tahun 2019, maka Gunungkidul tetap dibagi menjadi 5 dapil.

Dapil 1, Kapanewon Wonosari dan Playen 9 kursi; Dapil 2, Patuk, Gedangsari, Nlgipar, Ngawen 8 kursi; Dapil 3, Karangmojo, Ponjong, Semin 10 kursi; Dapil 4, Semanu, Girisubo, Rongkop, Tepus 9 kursi; Dapil 5, Paliyan, Panggang, Purwasari serta Kapanewon Tanjungsari 9 kursi. Total jatah kursi DPRD 45 kursi.

Merespon pembagian Dapil, Sekretaris DPD PAN Kabupaten Gunungkidul setuju jika tidak berubah.

“Betul jika masih tetap 5 dapil, bila berubah ? Semoga tidak berubah karena saya kira dapil sekarang telah memenuhi asas keadilan keterwakilan,” ujar Anwarudin, 7-2-2022.

Pernyataan di atas tidak berbeda dengan tanggapan politisi PKS, Ari Siswanto.

“Untuk dapil kabupaten tetap, yang kemungkinan berubah dapil provinsi, ada wacana 2 dapil, tapi semua kewenangan ada di KPU, PKS siap dengan skenario apapun,” kata Ari Siswanto.

Sutiyo, Ketua PKB Gunungkidul memperkirakan tidak ada yang berubah. Saya yakin, tetap tidak berubah, tegas Sutiyo.

Ketua DPD Golkar GunungkIdul Heri Nugroho pun bilang,” Kayaknya tetep seperti Pileg 2019. Ini opsi pertama. Semoga tidak berubah, andai pun berubah mestinya KPU ada kajian-kajian karena mestinya peserta pemilu sudah merancang caleg sesuai dapil yang ada sekarang,” timpal Heri Nugroho.

(Bambang Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.