Dalam Sehari, Tim Penilai Krenovamaskat Bappeda Gunungkidul Tinjau Delapan Titik Kegiatan

233

GUNUNGKIDUL-KAMIS KLIWON | Tim Bappeda Kabupaten Gunungkidul di bawah komando Jalmo Winarto Mulyo Sabdo, SP. dua hari berturut-turut Rabu dan Kamis 27-28 Juli 2022 melakukan kunjungan lapangan terkait dengan lomba Krenova Maskat Pelita Indah tahun 2022.

Hari kedua jam pertama 8:30 WIB, rombongan penilai melihat kegiatan fisik Krenovamaskat di Padukuhan Putat Wetan, Desa Putat, Kapanewon Patuk, Gunungkidul.

Mereka membuktikan kondisi fisik yang dilakukan pegiat lingkungan Mudilestari sesuai konsep di dalam naskah lomba bertajuk Pertanian Budap (kebutuhan dapur).

Tujuh personil yang berkunjung ke lapangan di antaranya adalah FX Panenang Setyadarma, ST. M.Si. Nur Samsu, S.Pd. M.Pd. Suradiyono, S.PT. Ina Haryati, S.Pd. M.Pd. Sigit Suryono, S.Pd. M.Pd. serta Lompat Wibowo Aji, ST. MT.

“Penjelasan dan paparan konsep Pertanian Kebutuhan Dapur (Budap) cukup transparan. Tentang jenis tanaman perlu diperkaya untuk menopang keperluan ibu-ibu rumah tangga,” tulis Nur Samsu pada buku tamu yang disediakan Mudi Lesatari selaku tuan rumah, 28-7-2022.

Dipaparkan secara ringkas, bahwa Bappeda sangat punya kepetingan untuk menyebarluaskan gagasan pertanian Budap guna mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan harga cabai rawit, bawang merah dan bawang putih.

Gunungkidul membangun seperti yang digagas Bupati Sunaryanta bisa dipraktekkan di 1.431 Padukuhan.

FWarga yang tersebar di ribuan titik, kata Mudilestari, akan menyangga kebutuhan dapur tanpa harus menggantungkan diri pada pedagang sayur keliling.

Usai melihat kegiatan fisik di Putat Wetan Tim Penilai langsung ke rumah Rakiman yang menyajikan Krenovamaskat gitar elektrik di Sodo, Paliyan Gunungkidul.

“Hari ini Tim Penilai meninjau 8 titik, dan itu harus rampung, terang Staf Litbangdal Bappeda Gunungkidul, Indah Bekti.

(Bambang Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.