Dirikan Kampung Zakat Upaya Perangi Rentenir

390

PANGGANG, Jumat Legi –  Rentenir di Kecamatan Panggang makin merajalela. Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) setempat menghadap Bupati Gunungkidul, Kamis,(14/2).

Baca: 

Turunkan Angka Kemiskinan, Perangi Peredaran Narkoba Tanggungjawab Bersama

Di Ruang Rapat Bupati, Endro Kepala KUA Kecamatan Panggang menyatakan, bahwa 26 Februari 2019, akan diluncurkan program Kampung Zakat guna memerangi rentenir.

Kampung Zakat tersebut muncul dari keprihatinan warga karena menjamurnya rentenir  di Kecamatan Panggang.

Endro menjelaskan, Kampung Zakat dalam menjalankan fungsi pencerahan, menghimbau majelis taklim. Para jamaah diminta  berzakat  diperuntukkan bagi masyarakat kecil, untuk pengembangan UKM.

“Kampung Zakat sudah kami mulai sejak  Ramadhan 2018 yang lalu,” kata Endro.

Baca: 

Ponjong Moncer Spirit Kecamatan Ponjong

Kampung Zakat, menurutnya  bisa mengikis riba yang sangat bertentangan dengan syariat Islam.

“Hasil zakat kita putar  untuk masyarakat tanpa  bunga. Pinjaman  dikembalikan ketika usaha sudah berjalan melalui perkumpulan Cahaya Insani yang kami bentuk,” tambahnya.

Mewakili Bupati Gunungkidul, Kabag Kesra Setda Kabupaten Gunungkidul Azis Saleh mengatakan, banyak implikasi atas maraknya rentenir, seperti bunuh diri dan kemiskinan.

Baca:

Badingah Suport Peserta Musrebang Kecamatan Semin

Untuk itu, Azis atas nama Bupati menghargai inisiatif masyarakat Kecamatan Panggang. Artinya warga  mendukung program Pemerintah  dalam hal pengentasan kemiskinan.

Menurutnya, program ini luar biasa. Melalui pemberdayaan masyarakat, hal ini sangat diperlukan untuk pengentasan kemiskinan.

“Kami akan hadir pada saat launching, dan akan mendorong agar desa- desa lain menerapkan model seperti ini demi  kesejahteraan masyarakat,” ucap Badingah seperti ditirukan Azis.

Penulis          : Red
Foto Utama  : Endro di ruang rapat Bupati (Ist)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.