Disdikpora akan Menjadi dua OPD Anyar, FPPGK Wadul Gubernur

220

WONOSARI-MINGGU KLIWON | Wisnu Dwi Atmojo Penggerak Forum Pemuda Peduli Gunungkidul (FPPGK), melayangkan surat keberatan atas disetujuinya Raperda Perubahan ke dua atas Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten.

Surat yang dikirim via Kantor Pos Wonosari pada Sabtu, (17/07/2021) siang ditujukan kepada Gubernur DIY, Ketua DPRD Provinsi DIY, Kepala Kejaksaan Tinggi DIY, dan Kepala Ombudsman RI Perwakilan DIY.

Wisnu atau yang lebih akrab disapa dengan nama Ahong menjelaskan, rencana pemisahan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) yang akan menjadi dua OPD anyar dinilai tidak mencerminkan sikap kepedulian akan situasi masyarakat yang kini sedang menghadapi masa sulit yakni pandemi Covid-19.

Melalui surat yang ia layangkan kepada Gubernur DIY, Ahong berharap, Pemda DIY dapat melakukan evaluasi dan sekaligus membatalkan kebijakan ini.

“Kebijakan pendirian OPD baru saat ini tidak tepat karena situasi Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul masih tinggi,” jelas Ahong.

Lebih lanjut Ahong menilai, adanya penambahan organisasi baru tersebut dipastikan akan berdampak secara langsung pada pembengkakan beban anggaran Pemda Gunungkidul.

Selain itu, dengan pemisahan Disdikpora belum dapat dipastikan kinerja dinas akan lebih baik daripada saat ini.

Di Gunungkidul, Ahong berujar, belum ada Perda Pendidikan dan Perda Kepemudaan yang menjadi acuan untuk pembangunan bidang pendidikan dan kepemudaan.

“Pada situasi saat ini diperlukan sense of crisis dari para pemangku kebijakan, bukan justru kemudian menambah jabatan di lingkungan Pemkab Gunungkidul. Saya melihat belum ada urgensi dalam pemisahan Disdikpora, yang lebih urgent adalah penanganan pandemi dan pemulihannya,” tegas Ahong.

Diketahui, aksi penolakan juga dilakukan oleh para wakil rakyat dari kalangan fraksi maupun Komisi DPRD Kabupaten Gunungkidul dengan cara melakukan Walk Out pada Rapat Paripurna Senin, (12/07/2021) lalu. (Agus SW)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.