Empat Program Diijalankan Upaya Tekan Angka Kemiskinan

312

WONOSARI, Senin Legi-Ada empat program yang dijalankan untuk menekan angka kemiskinan. Diantaranya, bansos, pemberdayaan masyarakat, UMKM, dan  program supporting. Diungkapkan, Sri Suhartanta, S.IP, M.Si, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Gunungkidul, Sabtu, (24/02).

Program pertama adalah bantuan sosial (bansos), bebernya, selain disuport dari pemerintah pusat seperti adanya, PKH, KIS, KKS, BPJS juga ada bantuan sosial dari pemerintah daerah.

Bansos dari pemerintah daerah ditangani oleh Dinas Sosial.

Integrasi BPJS di tahun 2018 Gunungkidul menganggarkan untuk 62.000 jiwa dengan dana yang disediakan 17 milyar khusus untuk kesehatan.

Program kedua lanjutnya, pemberdayaan masyarakat dijalankan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ia mencontohkan sektor pariwisata.

Kawasan-kawasan wisata yang sudah berhasil dikembangkan, diharapkan ada peningkatan kesejahteraan.

Kemudian disektor pertanian, indikator ketahanan pangan Gunungkidul semakin meningkat. Dilihat dari jumlah desa tahun 2016 ada 7 desa yang tergolong rawan pangan.

Saat ini desa menuju mandiri pangan tinggal 3 desa, karena kemiskinan, sulit ditingkatkan.

”Tiga desa tersebut, Desa Watugajah, Tegalrejo dan Girikarto,” ujarnya.

Kemudian OPD yang lain ada program jambanisasi, dengan stop BABS, program RTLH, dan sebagainya.

Program selanjutnya, yang berbasis pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Program ini pemerintah berusaha untuk mendampingi kelompok-kelompok UMKM, dengan harapan bisa mengakses lembaga kredit keuangan perbankan atau lembaga keuangan mikro.

“Pendampingan ini dari tahab menumbuhkan, pengembangan sampai penguatan,” jelasnya.

Program terakhir adalah Supporting, ia mencontohkan kegiatan yang berkaitan dengan infrastruktur pedesaan, untuk fasilitas kebutuhan dasar yang bisa disupport oleh inspektur. Sebagai contoh infrastruktur untuk air bersih seperti Pamsimas dan Spamdes.

” Tahun 2018 ada 15 desa program Pamsimas,” pungkas.

Reporter: W. Joko Narendro_ig




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.