Fenomena Tim Sukses

195

Lepas dari kemudian ada yang memandang sebelah mata terhadap Tim Sukses dalam setiap moment pemilu adalah niscaya bahwa mereka adalah bagian dari sebuah unsur penting di dalam proses demokrasi.

Dengan sukarela mereka ikut aktif menghantarkan seluruh lapisan masyarakat kepada kondisi  mulia,  sejahtera dan berkemakmuran melalui aktivitas kampanye seperti yang sudah ditentukan oleh penyelenggara.

Maka sebenarnya Tim Sukses inilah yang kemudian justru mampu mendekatkan masyarakat luas kepada seluruh kontestan beserta seluruh cita-cita besar  yang dituangkan di dalam visi – misi mereka.

 

 

Walau demikian tentu harapan kesuksesan ini tergantung juga seperti apa soliditas, kapabilitas dan kualitas dari keseluruhan personal tim sukses sebab  obyektifitas publik lebih cenderung bisa merespon tim sukses daripada para calon, secara emosional publik juga merasa lebih dekat dengan para tim sukses daripada para calon dan hal ini membuktikan bahwa kunci keberhasilan proses demokrasi dan pendidikan politik di masyarakat terletak pada kinerja tim sukses yang baik dan produktif.

Dari semua itu kita  berharap kepada para calon agar mampu lebih selektif dan kritis terhadap personil tim suksesnya supaya dalam menjalankan keseluruhan proses politik dapat dengan baik dan sukses sesuai harapan.

Namun demikian semua itu tergantung  selera para kontestan, apakah akan memilih karakter yang seperti digambarkan dalam alam pakeliran seperti misal model Sengkuni, Durna beserta Dursosononya atau model Si Kembar Pendhawa atau mengambil dari kalangan wong cilik seperti Togog dan Bilung atau Semar dan anak-anaknya?

Inilah yang sering tanpa disadari, bahwa upaya dan jerih payah tim sukses selalu sering diabaikan dan bahkan samasekali belum mendapatkan tempat yang semestinya di kalangan kebanyakan dari masyarakat kita padahal alasan apapun dan ditinjau dari perspektif manapun tim sukses adalah mesin politik yang sesungguhnya, yang menghantarkan masyarakat kepada  Kepemimpinan dan Kepentingan  bersama.

Semoga tim sukses dari semua kontestan pilkada serentak tahun ini diberi ketetapan hati dan semangat juang yang tinggi untuk kesuksesan kita bersama. Selamat Berjuang Para Tim Sukses! (Joko Susilo)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.