Guru SMKN 3 Wonosari Raih Doktor dengan Predikat Cumlaude

3124

PLAYEN – Senin Pon | Cahyaningsih, SP. MBA. guru IPA  SMK Negeri 3 Wonosari pada promosi sidang terbuka di Universitas Negeri Yogyakarta 11 Februari 2020 lalu, sukses menggondol gelar doktor dengan predikat cumlaude.

“Disertasi yang saya pertahankan berjudul Kepemimpinan Perempuan Pendidikan Kejuruan,” ujar Cahyaningsih Senin pagi (17/02/20).

 

 

Setiap hari Cahyaningsih mengajar ilmu pengetahuan alam, tetapi disertasi yang dia pilih berkaitan dengan manajemen. Ini bukan tanpa alasan.

“Karena dulu S2 manajemen jadi S3 juga penginnya tentang manajemen,” terang ibu rumah taangga yang lahir 16 September 1980 ini.

Cahyaningsih mengaku tertantang, mengelola SMK Negeri 3 Wonosari, perempuan harus memimpin guru teknik yang rata-rata laki-laki.

Hal itu, menurutnya merupakan kecenderungan menarik yang layak dicermati dan diteliti.

“Di sinilah saya menemukan seni kepemimpinan perempuan, di tengah dominasi laki-laki,” terangnya.

Cahyaningsih menemukan strategi peningkatan peran kepemimpinan perempuan pendidikan kejuruan yang leading sectornya dikendalikan Dikpora bekerjasama dengan DP3AKBMD dan pusat studi wanita.

Ibu tiga anak ini sekarang tinggal di  Siyono Wetan RT 62, Desa Logandeng, Kecamatan Playen, Gunungkidul.

Dia mengaku, masa kecilnya tinggal di Ringinsari, Kidul Pasar Wonosari, bertetangga dengan Eddy Praptono, Kepala Dinas PUPR Gunungkidul. (Bambang Wahyu Widayadi)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.