Heri Nugroho: Tahun 2024 Pengangguran Di Gunungkidul Tinggal 6.252 Orang

255

GUNUNGKIDUL-SABTU WAGE | Pengangguran Terbuka di Gunungkidul 12,6% (11.252) orang menjadi tidak linier karena adanya pandemi, sehingga proyeksi penurunan angkanya meleset.

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul dari Fraksi Golkar Heri Nugroho, S.Sn menyatakan hal itu melalui aplikasi WhatsApp, Jum’at 2-4-2021.

Sebelum pandemi, lanjut anggota DPRD 4 periode ini, sektor yang faktanya banyak menyerap lapangan kerja adalah ekonomi kreatif, teknologi informasi, digital economy, pengembangan pariwisata.

“Angka penurunan itu bias, data masih dimungkinkan berubah,” ujarnya.

Upaya mempercepat investasi adalah untuk menumbuhkan iklim bisnis. Ketika penanaman modal meningkat, maka bisnis baru bakalan muncul, termasuk UMKM, berdirinya BUMDES, pertanian peternakan.

Otomatis, kata dia lapangan kerja naik karena pondasi investasi dikuatkan. Hal itu, menurutnya sesuai dengan program unggulan Bupati Sunaryanta.

Memprediksi soal 3 tahun ke depan bahwa angka pengangguran terbuka tinggal separo 1.8% atau 6.252 penganggur Heri Nugroho sangat yakin bisa dilakukan.

“Saya bilang bisa dengan beberapa catatan seperti ditumbuhkan pariwisata kreatif, pertanian kreatif, peternakan kreatif, umkm kreatif kemudian ditunjang push (dorongan) dari Pemerintah Daerah,” tegasnya.

Berbicara soal pengaruh pandemi kemungkinan hingga 2024 bahkan lebih panjang dari dugaan itu Heri Hugroho ngomong jujur tidak akan mencari kambing hitam.

“Asal alasan melesetnya logis, ya tidak usah cari yang hitam-hitam,” pungkasnya. (Bambang Wahyu Widayadi)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.