Immawan Wahyudi: Angka Penyakit Tidak Menular di Gunungkidul Meningkat

168

RONGKOP, SABTU PAHING – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berusaha menekan kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) yang menimpa masyarakat, dengan menggalakkan gerakan masyarakat hidup sehat. Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan, di Gunungkidul kasus penyakit tidak menular cenderung meningkat.

“Untuk itu perlu adanya gerakan masyarakat hidup sehat,” kata Immawan pada Deklarasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Desa Karangwuni, Kecamatan Rongkop, Jumat (24/08).

Immawan berharap, gerakan hidup sehat pasti akan direspon positif oleh masyarakat. Sayaratnya perlu kerjasama antar elemen masyarakat.

“Hidup sehat, akan menaikkan derajat kemanusiaan, juga meningkatkan usia harapan hidup warga Gunungkidul,” ujarnya.

Kepala Bidang P2P Dinkes Gunungkidul, dr. Dewi Anggraeni membenarkan jika saat ini jumlah kasus penyakit tidak menular cukup tinggi. Jumlahnya lebih banyak dibanding penyakit menular.

“Penyakit tidak menular yang paling banyak diderita masyarakat Gunungkidul diantarnya hipertensi dan diabetes melitus,” kata Dewi.

Berdasarkan data Dinkes Gunungkidul 2017 tingkat prevalensi beberapa penyakit tidak menular tertinggi hipertensi 25,7%, stroke 16,9%, diabetes melitus 3,0%, jantung koroner 1,3% dan gagal ginjal kronis 0,3%. (Wp/ig)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.