INILAH RAHASIA PANEN MELIMPAH MENURUT PRIMBON JAWA

717

Beberapa wilayah di Kabupaten Gunungkidul mulai diguyur hujan. Salah satunya Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (04/11/2023).

Meski masih tergolong kecil, turunya air hujan di wilayah Nglipar disambut gembira oleh para petani. Hal tersebut terlihat dari pantaun Infogunungkidul.com di beberapa lahan pertanian di Kalurahan Kedungkeris.

Sejumlah lahan pertanian yang dulunya terlihat kering dan tandus, kini telah berubah menjadi lahan siap tanam setelah para petani melakukan persiapan antara lain bersih-bersih hingga mencangkul.

Namun demikian, tak banyak dari mereka yang mengetahui, tanaman apa yang cocok mereka tanam agar mendapat hasil panen yang berlimpah.

Berdasarkan Kitab Primbon Betaljemur Adammakna, halaman ke 217, nomor 304 ternyata beberapa tanaman harus disesuaikan dengan hari penanamannya jika menginginkan hasil panen yang melimpah.

Berikut pilihan jenis tanaman dan hari yang cocok untuk menanam yang akan membawa keberuntungan petani menurut Primbon Jawa.

Akad/Minggu
Tertulis dalam Primbon Jawa, tanaman yang cocok ditanam pada hari minggu adalah tebu, bambu dan sejenisnya.

Senen/Senin
Untuk hari senin, Primbon mencatat, lebih cocok untuk menanam tembakau, sirih dan sejenisnya.

Selasa
Pada hari selasa jenis bunga lebih cocok untuk ditanam seperti, melati, mawar dan bunga sejenisnya.

Rebo/Rabu
Lebih tepat untuk menanam sejenis rujak rujakan.

Kemis/Kamis
Buah buahan menurut primbon cocok di hari ini, seperti, mangga, rambutan, durian, pepaya, ketimun dan lainnya.

Jumuah/Jumat
Menurut Primbon umbi umbian cocok ditanam pada hari jumat, seperti, singkong, garut dan sejenisnya.

Demikian informasi mengenai jenis tanaman dan hari menanam yang cocok menurut Primbon Jawa. Namun, hal tersebut mestinya tetap dibarengi dengan usaha seperti perawatan dan pemupukan.

(A Yuliantoro)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.