Jagung Betras-1 Gedor Lahan Sri Rejeki Desa Katongan

278

NGLIPAR-MINGGU PON | PT Bintang Asia Jember Jawa Timur bekerjasama dengan UD SAE Dusun Nglebak, Desa Katongan, Kecamatan Nglipar membuat lahan percontohan jagung unggul terbaru Betras-1. pada musim tanam ke-3 2021.

Lokasi lahan percontohan berada di bulak sekitar Balai Desa Katongan dengan pelaku utama Kelompok Tani Sri Rejeki, yang dipandu oleh Sugeng Aprianto, alias Sugeng Madu Lanceng.

“Benih serta pupuk, untuk keperluan demplot diberikan secara gratis,” ucap Ketua KTNA Gunungkidul, Slamet, SPD. MM, dalam sosialisasi jagung Betras-1 di Balai Desa Katongan, Minggu, 6-6-2021.

Setidaknya separuh anggota Sri Rejeki (20) orang hadir dan menyatakan siap kerja keras menanam Betras-1.

“Sekitar 5 hektar lebih masih bisa dioncori air menggunakan pompa, karena terletak di sepanjang sungai dekat Balai Desa,” ujar Paiman, salah satu anggota Sri Rejeki.

Terkait penjualan jagung Paiman dan kawan-kawan tidak khawatir karena Ketua KTNA Gunungkidul siap membeli sesuai harga pasar.

“Setiap minggu, saya mencari 10 ton jagung di Gunungkidul sangat susah, padahal sebulan paling tidak harus setor ke pabrik 40 hingga 50 ton jagung kering giling,” ungkap Slamet memberi gambaran prospek pasar.

Di tempat yang sama, Jumawan selaku Lurah Desa Katongan menyambut baik kehadiran Setyo dan Adi dari PT Bintang Asia yang telah menyempatkan diri melakukan sosialisasi penanaman jagung.

“Terlebih ilmu Mas Arintoko pembudidaya tebu, ketela dan jagung, sangat bermanfaat bagi Kelompok Tani Sri Rejeki,” kata Lurah Jumawan. (Bambang Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.