Kepergok Warga, Pencuri Gagal Maling Ternak

738

PLAYEN-JUMAT PON | S (38) warga Kalurahan Banyusoco, Kapanewon Playen nekat melakukan aksi pencurian ternak kambing milik Sudiro warga Padukuhan Playen II Rt 05 Rw 02, Kalurahan Playen, Kapanewon Playen, Jumat, (18/03/2022) pukul 02.00 WIB. Meski pelaku berhasil mengeluarkan dua ekor kambing dari dalam kandang, namun aksinya dipergoki warga.

Kapolsek Playen AKP Hajar Wahyudi menjelaskan, peristiwa tersebut pertama kali diketahui oleh Aji Prasetyo (Saksi 1) saat selesai buang air kecil mendengar ada motor berhenti di depan rumahnya.

Melihat ada yang mencurigakan kemudian Saksi I membangunkan temannya Poniran (Saksi II) dan memberitahukan hal tersebut kepada Triyanto (Saksi III). Sesaat kemudian, Saksi II dan III mengawasi sepeda motor Vario dengan keronjot warna hijau yang di pakai pelaku.

“Beruntung para Saksi kejadian tanggap dan waspada sehingga aksi pencurian ini dapat digagalkan. Saksi sempat mengempeskan ban motor yang dipakai pelaku,” jelas Hajar Wahyudi.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolsek, tidak lama kemudian para Saksi mendengar suara kambing dan beberapa saat kemudian pelaku muncul dari gang sebelah Timur rumah Saksi II.

“Pelaku berhasil diamankan, saat dilakukan pencarian sumber suara kambing oleh Saksi dan warga di dapati 2 (dua) ekor kambing sudah berada di luar kandang dengan posisi 1 kambing betina warna putih sudah dimasukan ke dalam karung dan 1 kambing jawa jantan warna coklat kombinasi putih di dekat nya dalam keadaan mulut dilakban,” jelas Hajar Wahyudi.

Berdasar pengakuan pelaku, aksi pencurian kambing sebelumnya telah dilakukan di tempat lain. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, saat ini pelaku diamankan di Polsek Playen untuk proses hukum lebih lanjut dan dilakukan pengembangan oleh Unit Reskrim Polsek Playen bersama dengan Buser Sat Reskrim Polres Gunungkidul.

“Total kerugian 2 ekor kambing jawa jantan dan betina seharga Rp. 4.500.000,- (empat juta lima ratus ribu rupiah),” tutup Kapolsek. (Agus SW)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.