Konflik Panen Kayu HKM Wonorejo Bakal Dilaporkan ke Polres Gunungkidul

1151

KARANGMOJO – Sabtu Pahing | Basuki dan Sukarman, anggota Kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKM) Wonorejo Unit Padukuhan Nglorog, Desa Kedungpoh, Kecamatan, Nglipar, Gunungkidul, didampingi Slamet, S.Pd. MM menghadap Heriyanto, Kepala Daerah Bagian Hutan Karangmojo, Jum’at pagi, 31 Desember 2020.

Kedatangan mereka mendesak Dinas Kehutanan DIY untuk memanggil Wardoyo selaku Ketua Kelompok Wonorejo, karena dianggap melakukan tindak sewenang-wenang terhadap anggota, dengan cara mengabaikan aspirasi, termasuk meninggalkan prinsip managemen keterbukaan.

 

 

“Kami ingin berembuk dengan Pak Wardoyo, disaksikan Dinas Kehutanan DIY,” ujar Slamet di Kantor BDH Karangmojo.

Slamet, yang mantan anggota DPRD DIY ini menyatakan tidak ada niat sedikit pun untuk membuat suasana kelompok makin keruh.

“Tetapi jika Pak Wardoyo tidak bersedia menjelaskan secara terbuka tentang hasil panen kayu jati 2019. Terlebih jika Dinas tidak mau melerai konflik, kami akan membuat laporan ke Polres Gunungkidul, karena di dalam kasus ini ada indikasi pidana,” tegas Slamet.

Menanggapi kedatangan Slamet dan rombongan, Kepala  Bagian  Daerah Hutan Karangmojo, Heriyanto langsung berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan DIY yang berkantor di Jalan Argolubang, Baciro, Yogyakarta via telepon.

“Intinya Pak Slamet dan Kelompok HKM  Unit Nglorog minta penjelasan langsung dari Dinas Kehutanan Propinsi,” ujar Heriyanto dalam percakapan telepon di depan Slamet dan rombongan.

KBDH Karangmojo berjanji mencari waktu yang tepat ihwal bertemunya kelompok dengan Dinas Kehutanan Propinsi.

Pertemuan itu, pinta Slamet,  harus komplit. Artinya, terdiri dari Dinas Kehutanan, Wardoyo, dan anggota Unit Nglorog, supaya cepat selesai. (Bambang Wahyu Widayadi)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.