LANSIA BERBURU KEADILAN

994

PROGRAM HKm di Kabupaten Gunungkidul telah dilaksanakan oleh 35 kelompok tani hutan seluas 1.087,5 Ha sejak tahun 1995. Rata-rata usia anggota KT-HKm saat itu berkisar 40 – 60 tahun. Sekarang (2020) rata2 usia anggota KT-HKm adalan 65 – 85 tahun, bahkan sudah banyak yang meninggal.

Rerata HKm tahun 2020 mulai panen setelah 20 -25 tahun menanam. Para lansia tersebut berharap dapat bagian dari jerih payahnya selama ini sebagaimana diatur dalam SK Bupati saat peresmian HKm.

Saya berharap, hak para lansia tersebut diberikan sepadan dengan jumlah kubijase yang dipanen. Para pemegang surat kuasa pemanenan, jangan kau lukai  para pahlawan kehutanan ini dengan kebohonganmu.

Para pejabat yang sekarang berkuasa, ketahuilah, bahwa yang saat ini diramoas haknya adalah cucu para lansia semua, karena usianya 30 – 50 tahun.

Tidak pantas membiarkan para orang tua merengek minta keadilan kepada pemegan palu keadilan yang tak lain posisinya ‘abunya’ adalah  cucu sendiri.

Bantulah mereka dengan tanganmu, jangan kau biarkan mereka mati membawa kecewa. Saya tahu, kau pasti akan menyesalinya.

Janganlah gagah membela kecurangan, karena hanya penyesalan yang akan kau terima. Taubatlah wahai para punggawa bangunlah, gagahlah membela para lansia renta pahlawan dan penyelamat lingkungan.

Selain itu saya mengingatkan, stop penggundulan hutan negara.

Slamet, SP.d MM




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.