Mengaku Tetangga Sendiri, Penipu Minta Transfer Sejumlah Uang

988

GUNUNGKIDUL-SABTU LEGI | Modus penipuan mengaku sebagai teman sekaligus tetangga yang sedang terkena masalah terjadi di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penipu berhasil meminta sejumlah uang kepada korban, Jumat (3/5).

Handono, seorang laki-laki kelahiran 24 Agustus 1996 warga RT 001/008 Bruno I, Kalurahan Ngestirejo, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul menjadi korban penipuan.

Kepada awak media korban mengatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada sekitar pukul 15:15 WIB.

“Saat itu saya akan berangkat ke Jogja, tiba-tiba ada chat WA mengatasnamakan teman saya,” kata Handono.

Saat menghubungi, Handoko berujar, penipu mengatasnakan teman korban yakni Sugiyanto warga Padukuhan Walikangin RT004/007, Kalurahan Ngestirejo, Kapanewon Tanjungsari.

Seseorang yang mengaku tetangga satu desa tersebut selanjutnya meminta ditolong oleh korban. Handono diminta mentranfer sejumlah uang lantaran dirinya sedang ada masalah di Polres.

“Karena buru-buru saya langsung mentranfer melalui Aplikasi Dana sebesar Rp 300.000,- ,” tambahnya.

“Saya percaya karena saya liat Foto Profil di WhatsAppnya itu Mas Yanto teman saya. Selain itu dia juga menyebut istri Mas Yanto dengan benar. Jadi saya yakin pelaku ini orang dekat atau setidaknya orang yang sudah mengenal keluarga saya dan keluarga Mas Yanto,”jelasnya.

Pasca kejadian, Handono menambahkan nomor HP pelaku sudah tidak aktif lagi. Selanjutnya korban pun mengkonfirmasi kejadian tersebut kepada Sugiyanto, namun Sugiyanto justru merasa bingung lantaran ia tidak merasa ada masalah sehingga harus meminta tolong terhadap Handono.

Meski telah diiklaskan, atas kejadian tersebut korban menderita kerugian senilai Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah). (NHs)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.