Minum Air Putih Hangat Membantu Metabolisme

209

WONOSARI-MINGGU KLIWON | Kata para pakar kesehatan, komponen tubuh manusia 80% adalah air. Doker Saddam Ismail menyatakan, tubuh manusia butuh asupan air 8 gelas tiap hari. Waktu yang tepat untuk detoksifikasi racun adalah rutin minum air putih hangat sebelum tidur. Dokter Irawaty, Kadinas Kesehatan Gunungkidul sepakat, meski ada sedikit perbedaan pandangan.

“Waktu yang baik minum air putih hangat adalah sebelum tidur. Tujuannya agar air dapat bekerja efektif dalam membuang racun (detoksifikasi) dengan lebih optimal,” tutur dr. Saddam Ismail, dikumpulkan dari berbagai portal, lokal maupun nasional, 5-12-2021.

Air merupakan zat pelarut sebagian besar nutrisi yang dimakan. Minum air putih memang sangat dianjurkan dalam jumlah cukup.

“Namun tidak ada rekomendasi waktu khusus untuk minum karena tubuh butuh air putih sepanjang waktu,” timpal dr. Irawaty, Kadinas Kesehatan Gunungkidul, ketika dikonfirmasi media.

Mungkin, lanjut dr. Ira, karena sebelum tidur jarang minum, sehingga saat berangkat tidur disarankan minum air putih hangat yang cukup.

Baik dr. Saddam Ismail maupun dr. Irawati menyatakan, minum air putih hangat menjelang tidur, tidak perlu terlalu banyak. Alasannya biar semalaman tidak bolak-balik kamar mandi.

Yang jelas, menurut kedua dokter tersebut standar asupan air adalah 8 gelas, atau 1,5 sampai 2 liter per hari. (Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.