Modus Bansos, Lansia Menjadi Korban Penipuan Pria Misterius

853

SAPTOSARI-SENIN LEGI | Seorang lansia yakni Ny Karso (90) warga Padukuhan Jetis, Kalurahan Jetis, Kapanewon Saptosari, menjadi korban penipuan oleh orang tak dikenal, pada Senin (25/01/2021) pagi. Pria misterius berhasil menggondol emas milik korban setelah terlebih dahulu mengelabuhi korbannya dengan modus memberikan bantuan sosial (Bansos).

Informasi yang berhasil dihimpun, pada pukul 10.00 WIB, pria misterius tersebut mendatangi rumah mbah Karso, begitu panggilannya. Pria tersebut awalnya berpura-pura meminta daun sirsat yang akan pergunakan sebagai obat. Setelah berbincang-bincang dengan korban beberapa waktu kemudian, pelaku mengambil gambar korban menggunakan handphonenya dengan iming-iming akan diberikan  bantuan sosial Covid-19.

“Pelaku meminta mbah Karso untuk melepas perhiasan anting (ceplik) yang saat itu dikenakan korban, lalu disuruh untuk mencuci muka,” kata Murhadi Pranoto, cucu korban pada Senin (25/01/2021) sore.

Dikatakan lebih lanjut, Pada saat korban mencuci muka, pelaku pun kemudian membawa kabur perhiasan tersebut. Merasa menjadi korban penipuan, ia pun lantas memberitahukan kejadian yang telah dialaminya kepada keluarga.

“Kalau ciri-cirinya seingat simbah, pelaku mengendarai sepeda motor, tapi jenisnya tidak tau,” jelasnya.

Ia menambahkan, pelaku berhasil membawa kabur perhiasan satu-satunya milik korban yakni emas seberat 2 gram.

“Kira-kira kalau nominalnya sekitar 1 jutaan lebih, tapi ya sudahlah kami sudah iklhas jadi tidak melaporkan kejadian ke Polisi,” pungkasnya. (Heri)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.