PARPOL SEDANG MEMBIDIK PASANGAN JOKOWI

126

WONOSARI, Rabu Wage-Perkembangan dan dinamika politik menunjukkan, Pemilu 2019 merupakan tonggak strategis suksesi kepemimpinan nasional 2024. Suksesi yang dimaksud ditandai dengan pencarian pasangan bakal calon Presiden dan Wakil Presiden.

Hanya ada dua kemungkinan pasangan yang dimaui elit partai. Pencarian pertama, bakal calon Presiden usia tua,  Wakil Presiden usia lanjut.

Formula yang digadang para politikus, ini pilihan kedua, bakal calon Presiden usia tua, bakal calon Wakil Presiden usia muda.

Merujuk pernyataan Gede Pasek Suardika dari Partai Hanura, pasangan ideal Pemilu 2019 adalah Jokowi. Dia menerjemahkan Jokowi sebagai Joko Widodo – Wiranto.

Tidak tertutup kemungkinan Jokowi berubah menjadi Jokowo, alias Joko Widodo – Prabowo.

Pasangan tua dengan tua mengerarah pada suksesi 2024 benar-benar segar. Karena jago-jago gaek telah lelah. Ujungnya, Pemilu 2024 menjadi ajang generasi muda, seusia Agus Harimurti Yudhoyono.

Pilihan kedua, jatuh pada pasangan tua dengan muda. Telah digelindingkan bola salju, Jokowi berpasangan Airlangga Hartarto, bahkan Jokowi – AHY.

Pilihan kedua ini pun cukup masuk akal, karena peralihan kepemimpinan nasional dilakukan secara pelan namun pasti. Wakil Presiden, secara eksplisit berniat naik ke jenjang berikutnya.

Dua kemungkinan itu bisa terjadi. Semua bergantung kepada kebijakan elit politik. Rakyat/ pemilih hanya menerima dagangan yang disajikan Parpol. Bambang Wahyu Widayadi




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.