Pemkab Gunungkidul Siapkan Empat Titik Revalidasi II Kawasan Karst Gunung Sewu

722

WONOSARI-JUMAT KLIWON | Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, pada Oktober 2020 menerima sertifikat revalidasi I dari Unesco Global Geopark.

Bulan Juli 2023, kabarnya akan dilakukan revalidasi II. Sejumlah titik oleh sebab itu disiapkan untuk menyambut Team Unesco Global Geopark.

Dilansir dari laman Bappeda, Selasa 17 Januari 2023 tim gabungan Badan Perencanan Pembanggunan Daerah (Bappeda) serta Dinas Pariwisata (Dinpar) melakukan survei persiapan revalidasi II Karst Gunungsewu.

Revalidasi II ini menurut rencana akan dilakukan bulan Juli 2023 oleh perwaklian dari Unesco Global Geopark.

Dipaparkan secara rinci, survey dimulai dengan mengunjungi titik penanda “Welcome to Karst Gunungsewu” yang berada di gapura masuk Kabupaten Gunungkidul di Patuk.

Pada laman tersebut dinyatakan bahwa titik ini kondisinya sudah baik dan sudah siap untuk direvalidasi II.

Survey berikutnya dilanjutkan ke Pusat Informasi Pariwisata di Patuk. Kondisi bangunan bagus namun dicatat ada kerusakan pada saluran drainase.

Rombongan menuju lokasi ke dua, Gunung Api Purba Nglanggeran, berlanjut menuju tempat ke tiga, Etalase Batu Ningrong di Kalurahan Mulo.

Etalase Batu kurang terawat dan sepi pengunjung sehingga perlu perbaikan dan pembersihan tempat.

Tempat terakhir yang bakal dijadikan titik revalidasi II adalah Kalisuci. Disebutkan, Obyek wisata sungai tersebut kondisinya cukup baik.

(Bambang Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.