Pemuda 18 Tahun Dinyatakan Positif Covid-19 Kedua di Kabupaten Gunungkidul

2772

WONOSARI – SENIN PAHING | Satu warga Gunungkidul dinyatakan positif Covid-19, diketahui warga ini seorang pemuda yang berusia 18 tahun, asalĀ  Kecamatan Playen yang kini menjadi pasien positif covid-19 kedua di Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan bahwa, pasien tersebut berusia 18 tahun yang belum lama ini lulus dari masa pendidikannya. Sebelumnya, ia memang memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta pada bulan maret lalu.

“Pemuda ini asal Kecamatan Playen, hasilnya keluar pada 4 April lalu, namun, kami belum menerima informasi,” kata Dewi melalui teleconference, pada Senin (06/04/2020) siang.

INFO HARI INI-MASYARAKAT PERLU TAHU HIGHLIGHTS KETUA GUGUS TUGAS

Dewi mengatakan, tak lama setelah selesai pendidikannya atau kelulusannya, hasil penelusuran Dinas Kesehatan Gunungkidul, pemuda tersebut mengaku mengalami keluhan demam juga nyeri pada persendian di tanggal (08/03/2020), ia merasakan kondisinya sakit sepulang dari Jakarta pada (04/03/2020).

Namun, pada saat merasakan sakit ia tak langsung memeriksakan, dan pada tanggal (09/03/2020) malam, ia baru memeriksakan.

Lebih lanjut, Dewi menjelaskan, di antara tanggal (04/03/2020) hingga (08/03/2020), pemuda tersebut sempat melakukan perjalanan ke Yogyakarta juga bertemu dengan teman-temannya di Kecamatan Wonosari. Lantaran ia terus merasakan sakit, pada tanggal (10/03/2020) ia melakukan pemeriksaan di RS Panti Rahayu Kelor, Karangmojo. Namun demikian, tim medis belum mendeteksi adanya infeksi covid-19.

INFO HARI INI-FROM JOGJA WITH LOVE, FROM JOGJA FOR INDONESIA

“Setelah memeriksakan diri pun yang bersangkutan masih menjalani berbagai kegiatan,” jelas Dewi.

Dewi menambahkan, pemuda tersebut baru merasakan gejala berat yakni berupa sesak nafas pada tanggal (24/03/2020). Dua hari kemudian ia menjalani rapid test di RS Bhayangkara Yogyakarta, namun hasilnya tetap negatif. Swab tenggorokan pun diambil namun belum belum muncul. Di kemudian hari pada tanggal (04/04/2020) hasil positif akhirnya baru diketahui.

Setelah mengetahui hasil bahwa pasien positif Covid-19, Dewi mengupayakan agar warga tersebut bersedia menjalani perawatan di rumah sakit.

Menurutnya, saat ini warga tersebut masih berada di rumahnya.

“Sudah berkoordinasi dengan RS Panti Rahayu dan yang bersangkutan akan kami jemput untuk menjalani perawatan dan isolasi di sana,” jelasnya. (Hery)

INFO HARI INI-TANAH AMBLAS, SALAH SATU WARGA TERPEROSOK




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.