Penataan Kawasan Pantai Baron Telan Dana Miliaran Rupiah

148

WONOSARI, JUMAT WAGE-Penataan kawasan Pantai Baron, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menganggarkan dana puluhan miliar rupiah. Berdasarkan Detail Engineering Design (DED), penataan kawasan mulai dibangun awal tahun 2019.

“Pembangunan mencakup sanitasi, IPAL, tempat parkir, pintu masuk/ keluar, tempat kuliner, souvenir, dan akses disabilitas dan lainnya,” terang Ir. Drajad Ruswandono, MT, Jumat (30/11).

Lebih lanjut dia menjelaskan, penataan kawasan Pantai Baron menghabiskan dana Rp 59 miliar lebih. Penataan Pantai Baron akan menjadi model tolok ukur untuk penataan kawasan patai yang lain. Menurutnya, rencana ke depan setelah penataan kawasan Pantai Baron selesai, tidak menutup kemungkinan kawasan sepanjang pantai di Gunungkidul juga akan ditata. Terkait dengan hal tersebut, pihaknya akan melakukan penertiban di sejumlah kawasan pantai.

“Tetapi konsepnya harus jelas terlebih dahulu,” jelasnya.

Dia mengakui, untuk melakukan itu tidak mudah. Kendala pasti ada. Ia menyebut contoh, melakukan penataan cukup sulit, karena harus berpedoman pada jarak sempadan minimal 100 meter dari bibir pantai. (Joko)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.