Relawan Pengatur Lalin Menjamur, Relawan Penolong Laka Lantas Nol Besar

15669

PATUK-JUMAT PON | Pada saat pengguna jalan padat bermunculan relawan pengatur lalu lintas pada beberapa penggal jalan di Gunungkidul. Menurut Ngadija, Jogoboyo Desa Salam, Kapanewon Patuk, relawan penolong kecelakaan lalu lintas belum ada.

Sebut itu, kata Ngadija, mulai pintu gerbang masuk Gunungkidul, di depan bekas kantor Kapanewon Patuk, meski di sana ada pos PJR.

Ada pula di penggal Sambipitu – Ngalang, simpang empat Siyonoharjo ke arah pasar hewan bahkan sebelumnya, di simpang tiga sebelah barat batas kota.

Termasuk dalam kota, simpang tiga ke arah pasar pitik, Kepek Wonosari. Satu hingga dua orang mengenakan rompi hijau atau oranye, berpanas-panas bermodal sempritan mengatur pengguna jalan.

“Selama ini belum ada relawan penolong pengguna jalan yang mengalami kecelakaan,” tandas Ngadija, Ketua Relawan Kecelakaan (RKJR) Jalan Raya Ngasemayu – Kalipentung, Kapanewon Petuk, Gunungkidul, 11-6-2021.

Dia bersama 30 anggota, berinisiatif mendirikan RKJR yang siap memantau pengguna jalan sepanjang 2 km Ngasemayu – Kalipentung.

“Soal dana operasional patungan. Kalau ada yang simpati dengan kegiatan kami dan rela membantu, kami tidak menolak,” ucap Ketua RKJR.

Dia berharap pemantauan yang sama dilakukan oleh Desa Nglanggeran, Beji, Putat dan Bunder.(Bambang Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.