Sikap Trump Terhadap Yerusalem Bikin Jokowi Kesal

704

KARANGMOJO, Minggu Wage–Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengeluarkan keputusan yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Hal ini memicu banyak kecaman dari para pemimpin dunia. Presiden RI, Ir Joko Widodo  pun mengaku kesal dan dongkol kepada Trump.

Bahkan Jokowi kemudian menghubungi Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk mengutarakan sikap Indonesia pada Jumat sore (08/12).

“Dua kali saya mencoba menghubungi Presiden Mahmoud Abbas, dan akhirnya bisa bicara pada malam harinya,” ujar Jokowi di sela meninjau dampak bencana di Bonjing, Bejiharjo, Karangmojo, Sabtu (09/12).

Kepada Mahmoud Abbas, Jokowi menyatakan ada lima pointers pernyataan sikap Indonesia merespons polemik terkait dengan Yerusalem itu. Pertama, Indonesia mengecam keras keputusan Amerika itu serta meminta Amerika Serikat mempertimbangkan kembali keputusan tersebut.

Poniters kedua Presiden Jokowi menilai keputusan Donald Trump bertentangan dengan semua resolusi dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Majelis Umum PBB yang telah ada.

“Pengakuan itu pun sangat membahayakan proses-proses perdamaian di sana yang sudah lama dirintis,” ujar Jokowi.

Pada point ketiga, Jokowi menegaskan sikap Indonesia yang konsisten mendukung perjuangan rakyat Palestina.

“Kita konsisten mendukung itu perjuangan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan haknya sesuai dengan amanah Pembukaan UUD 1945,” tegas Jokowi.

Selanjutnya Jokowi berjanji akan mengajak negara-negara lain terutama yang tergabung dalam OKI untuk mendukung Palestina.

“Indonesia akan mengajak negara lain tidak mengikuti apa yang dilakukan Amerika,” ujarnya.

Disisi lain, Jokowi juga telah memerintahkan Menlu Retno Marsudi untuk memanggil Duta Besar AS untuk langsung menyampaikan sikap Pemerintah Indonesia ini. Red




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.