SMK Kesehatan Wonosari Lakukan Protokoler Kesehatan Sebelum UNBK Berlangsung

418

WONOSARI-SENIN LEGI | Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Wonosari tetap berlangsung meski wabah corana mulai merebak di Indonesia. Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X belum menetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Wakil Kepala Kurikulum SMK Kesehatan Wonosari Dewi Suryaningsih mengatakan, kegiatan ujian pun dilakukan seperti biasa, yakni para siswa dibekali kartu ujian, dan juga dibekali materi beberapa hari sebelum UNBK berlangsung. Selain itu telah dilakukan protokoler kesehatan yang disarankan oleh BSNP.

“Protokoler kesehatan seperti, cek suhu badan, juga kehigeinisan anak melalui cuci tangan dan pakai hand sanitizer,” kata Dewi di hari pertama UNBK, Senin (16/03/2020).

Protokoler bertujuan untuk membersihkan kuman yang mungkin terbawa sama anak selama dalam perjalanan dari rumah. Selain itu, di ruang laboratorium juga telah disiapkan alat pembersihan mengenai perangkat komputer yang akan dipergunakan selama ujian, mulai dari keyborad, mouse, tempat duduk dan peralatan lain yang mungkin akan tersentuh oleh anak.

“Harapan kami dengan protokoler supaya wabah corona yang sekarang merebak segera berakhir dan tidak akan menyebar kemana-mana,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu siswa SMK Kesehatan Wonosari, Mega Selly anggraeni mengungkapkan, sebelum dilaksanakan UNBK, murid mendapat pembekalan materi selama 2 minggu, yang kemudian dilakukan untuk pencegahan virus corona. Siswa yang hendak mengikuti UNBK sebelum masuk kelas dilaksanakan 6 langkah cara cuci tangan dengan baik dan benar.

“Yang pertama gosok telapak tangan, gosok punggung tangan, gosok sela jari, gosok bagian dalam jari, bersihkan ibu jari, bersihkan kuku-kuku, seperti itu yang benar jadi bisa lebih bersih,” jelasnya.

Menurutnya, adanya kabar virus corona yang telah menyebar, sangatlah berdampak menggangu aktifitas belajar mengajarnya.

“Sangat berdampak bagi pendidikan di Gunungkidul, yang penting harus tetap menjaga kebersihan, sering cuci tangan dan juga menggunakan masker,” katanya. (hr)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.