TBUP3 Bupati Sunaryanta Dihujani Kritik, Nyaris Tidak Ada yang Membela

600

WONOSARI-SABTU WAGE | TBUP3 Bupati Sunarnyata terus dihujani kritik oleh para tokoh, dan nyaris tidak ada yang berdiri membela kebijakan itu. Dengan kacamata netral, kalangan akademisi dan internal DPRD Gunungkidul pun angkat bicara.

Dr. Tugiman akademisi Universitas Padjadjaran Bandung, warga Kedungpoh Kapanewon Nglipar Gunungkidul menengahi sejumlah kritikan pedas yang ditujukan kepada Bupati Sunaryanta terkait TBUP3.

Dia mengembalikan persoalan tersebut kepada mekanisme pemerintahan daerah karena di dalamnya ada eksekutif dan legeslatif.

“Lazimnya Program Pembangunan suatu daerah mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” tulis Dr. Tugiman melalui aplikasi WhatsApp, Sabtu. 25-9-2021.

Memang, bahwa sebelumnya Dr. Tugiman mempertanyakan, karena berdasarkan publikasi di berbagai media seperti ada keganjilan, karena ada perencanaan yang dibuat oleh konsultan.

“Apalah campur tangan konsultan itu ada payung hukumnya? Bagaimana mekanisme kerja Pemkab, terkait hal tersebut, dan bagaimana peran dan fungsi DPRD apabila terjadi keganjilan,” tanya Dr. Tugiman.

Menurutnya, produk TBUP3 ini mau diapakan, kepada siapa dan bagaimana mekanisme implementasinya sebab kemampuan daerah sangat terbatas. Kalaupun mengandalkan bantuan dari Pusat tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan.

TBUP3 Bupati Sunarnyata dipandang menjadi blunder. Dalam kaitan ini Dr Tugiman menyarankan agar Bupati Sunaryanta lebih memperdalam tata kelola pemerintahan dan pembangunan daerah agar ke depan bisa lebih baik.

Eko Rustanto anggota DPRD Gunungkidul dari Partai Demokrat secara terpisah mengatakan bawa Bupati Sunaryanta memiliki mimpi besar dalam membangun Gunungkidul itu harus.

“Saya sangat menghargai mimpi besar itu. Bupati tidak ada mimpi besar, gak ada artinya,” ujar Eko Rustanto mengapresiasi Bupati Sunaryanta.

Soal TBUP3 ada kekurangan personil menurutnya itu bisa ditambah. (Bambang Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.