Terminal Dhaksinarga, Catat Puncak Arus Balik Liburan Pada Sabtu Kemarin

811

WONOSARI-MINGGU WAGE | Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) resmi berakhir pada hari Minggu (03/01/2021) ini. Arus balik para pemudik sudah terasa, terutama di Terminal Dhaksinarga Wonosari, Gunungkidul.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Dhaksinarga, Edi Susanto mengungkapkan peningkatan penumpang mulai terasa sejak 28 Desember lalu. Pada tanggal tersebut, jumlah penumpang di keberangkatan sudah naik dibandingkan hari biasa.

Merujuk data sementara hingga hari ini, ia pum menyebut puncak arus balik terjadi pada Sabtu (03/01/2021) kemarin.

“Hari itu tercatat ada sekitar 680 lebih penumpang yang berangkat dari Terminal Dhaksinarga,” katanya saat dihubungi, siang tadi.

Edi mengatakan, sedangkan untuk jumlah armada yang masuk ke terminal di hari tersebut mencapai 50-60 unit. Edi mengatakan angka tersebut melampaui pergerakan penumpang di hari biasa.

“Kalau hari biasa penumpangnya hanya sekitar 250 sampai 300 orang lewat terminal ini,” ungkapnya.

Tak jauh berbeda saat arus mudik, pengelola Terminal Dhaksinarga mengimbau perusahaan bus AKAP untuk mengangkut penumpang dari terminal sebelum berangkat ke tujuan. Hal ini berkaitan dengan keperluan pendataan penumpang yang akan berangkat. Terutama untuk meminimalisir penularan COVID-19 di antara penumpang, mengingat tujuan mereka sebagian besar kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

“Memang rata-rata bus sudah mengangkut sejumlah penumpang dari pool-nya. Tapi sebisa mungkin terminal jadi prioritas,” jelas Edi. (Hery)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.