Terobosan Terbaru Dunia Wisata Gunungkidul

299

KARANGMOJO – Selasa Pon | Pemerintah Kabupaten Gunungkidul membuat terobosan baru dalam penarikan retribusi tiket masuk objek wisata. E-ticketing akan diujicoba di pintu masuk Pantai Baron hingga Poktunggal.

Penerapan tiket online ini adalah bentuk keseriusan Pemkab Gunungkidul dalam meningkatkan layanan di sektor wisata.

 

DETIK-DETIK PASCA KORBAN PANTAI SELATAN DITEMUKAN

 

Hal itu disampaikan Bupati Gunungkidul Hj Badingah S.sos, saat jumpa pers di salah satu RM Desa Ngawis, Kecamatan Karangmojo, Senin (23/12/2019).

“Penerapan e-ticketing akan dimulai tahun 2020 mendatang. Teknologi ini akan mengurangi antrean di tempat pemungutan retribusi (TPR), selain itu sebagai upaya transparansi, mengurangi potensi kebocoran retribusi, sehingga pendapatan dapat dimaksimalkan,” terangnya.

Selain Badingah beberapa pihak diantaranya BPK, Anggota DPRD serta Inspektorat berharap e-ticketing bisa segera diterapkan.

“Semoga bisa berjalan dengan lancar, sehingga dapat diterapkan di seluruh objek wisata di Kabupaten Gunungkidul,” ucap Badingah.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul Kelik Yuniantoro mengatakan, pihaknya mulai mempersiapkan berbagai perangkat untuk penerapan e-ticketing.

“Berhubung ini masih baru, maka penerapan belum menyasar seluruh destinasi,” katanya.

Kelik menjelaskan, teknis penjualan e-ticketing ini nantinya dengan model online shop melalui laman resmi Pemkab, sehingga di saat bertransaksi pengunjung nantinya akan mendapatkan barcode yang digunakan untuk tanda masuk ke kawasan wisata.

“Untuk pengunjung pemegang e-ticketing disediakan jalur sendiri,” jelas Kelik. (Hr)

 

UNIK GEDUNG TERBALIK DIALIHFUNGSIKAN




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.