Umat Hindu Se Kecamatan Ngawen Gelar Upacara Wana Kerti di Hutan Wonosadi

264

NGAWEN – Kamis Pon | Masyarakat umat Hindu se Kecamatan Ngawen menggelar upacara Wana Kerti di Hutan Wonosadi yang berada di Desa Beji, Kecamatan Ngawen, Minggu (23/02/2020).

Dalam upacara tersebut, umat Hindu melakukan arak-arakan membawa gunungan dan bebanten dari Kali Endek menuju Hutan Wonosadi.

 

 

Mereka juga melakukan upacara mendak Tirta atau mengambil air di lerengĀ  gunung Hutan Wonosadi. Sebelumnya mereka telah melakukan persembahyangan atau memuja Sang Hyang Widhi Wasa, agar dalam pengambilan air tersebut berjalan lancar. Air kemudian dibawa ke tempatĀ  upacara yang telah dipersiapan.

Upacara persembahyangan dipimpin Jro Gede Triman, pemimpin di pura Bhakti Widhi. Selain itu upacara juga dihadiri sejumlah pejabat dari Forkompimca Ngawen dan warga di lingkungan Hutan Wonosadi.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Purwanto menyampaikan, upacara Wana Kerti bisa dilakukan kapan saja, sebelum umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi.

“Ini sebagai bentuk rasa syukur umat Hindu kepada Sang Hyang Widhi Wasa karena telah diberikan hasil bumi yang melimpah,” jelasnya. (win)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.