Aktif Melakukan aksi Pelestarian Tradisi Adat, Enam Pegiat Mendapat Penghargaan

140

PLAYEN – Minggu Wage | Enam pegiat seni dan budaya yang aktif dalam melakukan aksi pelestarian tradisi adat di Kabupaten Gunungkidul mendapat penghargaan Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul pada Sabtu (09/11).

Penghargaan yang diberikan di salah satu rumah makan Kecamatan Playen itu, dihadiri oleh Wakil Bupati Gunungkidul, dan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Agus Kamtono.

Video Terbaru:

Enam pegiat seni yang memperoleh penghargaan diantaranya, Ki Kuwat Hadi Sumono, warga Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Ia berhak mendapatkan penghargaan Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul karena telah melestarikan dan aktif dalam menggiatkan seni pedalangan.

Selanjutnya ada Trimo Rejo, warga Desa Giring, Kecamatan Paliyan. Mendapatkan penghargaan atas perannya sebagai juru kunci Candi Krapyak, Kecamatan Giring.

Ki Joni Gunawan, warga Playen, juga mendapat penghargaan atas perannya sebagai pelestari dan penggiat seni ketoprak sejak tahun 1989 hingga saat ini.

SD Negeri 01 Ponjong, Kabupaten Gunungkidul juga mendapat penghargaan. Salah satu sekolah yang telah mendapat penghargaan sebagai pelestari warisan budaya dan cagar budaya. Bangunan dari SD N 01 Ponjong ini merupakan, bagunan bersejarah sejak jaman Belanda. Hingga saat ini, bangunan tetap dilestarikan sesuai aslinya.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.