Sempat Terjadi Insiden, Peringatan Hari Pahlawan Berjalan Lancar

286

WONOSARI – Minggu Wage | Upacara peringatan Hari Pahlawan dengan tema “Aku Pahlawan Masa Kini” di Alun-alun Pemda Gunungkidul, Minggu (10/11). Sejumlah pejabat Pemerintah Daerah, Perwira TNI, Polri, Ormas hingga pelajar mengikuti upacara. Kegiatan dilanjutkan ziarah ke makam pahlawan di TMP Bhakti Pertiwi, Wonosari.

Sempat terjadi insiden saat pengibaran bendera. Tali bendera atas lepas, petugas upacara Serda Miko berusaha naik tiang bendera untuk mengambil tali. Pengibaran bendera upacarapun dapat dilanjutkan.

Video Terbaru:

Dalam amanat tertulis Mentri Sosial RI yang dibacakan Inspektur upacara, Komandan Kodim 0730/Gunungkidul, Letkol Inf. Noppy Laksana Armyanto, SH menyebutkan, setiap hari pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaan di Indonesia.

“Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri,” katanya.

Dengan Peringatan Hari Pahlwan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “….hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar…”.

“Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak – anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan masa kini,” tuturnya.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.