Badingah: Peran Perempuan Beragam, Harus Diberi Ruang

121

GEDANGSARI, Rabu Wage – Immawan Wahyudi, atas nama Bupati Gunungkidul berharap, kaum perempuan lebih bersemangat dalam membangun desa sesuai peran dan keahlian, demi kesejahteraan bersama.

Hal di atas terungkap dalam acara evaluasi terpadu  Lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS)  di Rest Area Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari (10/10).

Menurut Immawan, potensi perempuan sangat besar dan beragam. Untuk itu dalam memberdayakan mereka butuh konsep yang tepat, jelas serta efektif.

“Kelompok perempuan patut diberi kesempatan seluas-luasnya dalam pembangunan kesehatan, pendidikan maupun sosial eknomi,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Tim Penilai P2WKSS Propinsi DIY usai mengunjungi empat dusun sampel berpesan, agar perilaku kaum perempuan berubah sedikit-demi sedikit.

“Utamanya dalam hal membuang sampah. Perilaku hidup bersih yang paking sulit adalah ada di perkara sampah,” ujar Ketua Tim Penilai P2WKSS.

Menurut Tim Evaluator, kesadaran dan perilaku dalam mengelola sampah perempuan Indonesia kalah dengan Korea. Berdasarkan hasil kunjungan perbandingan, perempuan Negeri Ginzeng sangat tertib dan teliti.

Sementara itu, Martono Imam Santoso, Camat Gedangsari saat melepas Tim mengatakan, seberapapun kekurangan perempuan di wilayahnya, program P2WKSS, telah menjadi bagian hidup sehari-hari.

 

Reporter: Agung Sedayu




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.