Bawaslu: Pendaftaran PTPS Diperpanjang Hingga Hari Ini

993

WONOSARI-SENIN KLIWON | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunungkidul, kembali memperpanjang masa pendaftaran bagi calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Hal ini dilakukan lantaran jumlah pendaftar masih belum memenuhi target yang diharapkan.

Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Gunungkidul Rini Iswandari mengatakan, hal ini merupakan perpanjangan pada tahap kedua. Setelah perpanjangan tahap pertama masih belum terpenuhi.

Kali ini pihaknya kembali melakukan perpanjangan “Hingga 26 Oktober (Senin besok),” kata Rini, pada Minggu (25/10/2020) siang.

Berdasarkan data rekapitulasi pendaftaran PTPS per tanggal 23 Oktober lalu, sekitar 5 Kapanewon antara lain, Tepus, Nglipar, Panggang, Kapanewon Wonosari, dan Kapanewon Gedangsari kuota terpenuhi.

Rini juga mengatakan, pihaknya masih membutuhkan 820 pendaftar lagi. Sebab, berdasarkan kebutuhan pendaftar, Bawaslu Gunungkidul memerlukan 3.800 calon.

“Kalau kebutuhan PTPS-nya sudah terpenuhi, tapi untuk kebutuhan pendaftar baru mencapai 3.001 orang,” jelasnya.

Rini juga memastikan, hari ini Senin, akan menjadi hari terakhir pendaftaran PTPS. Setelahnya, tidak akan ada perpanjangan.

Para calon PTPS yang sudah mendaftar nantinya akan menjalani pemeriksaan Rapid Test sebagai salah satu syarat.

“Pengumuman terpilihnya akan dilakukan pada 11 November. Pelantikan PTPS serentak di seluruh Indonesia pada 16 November nanti,” kata Rini.

Sebelumnya, kuota pendaftar untuk calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga mengalami kekurangan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul turut melakukan perpanjangan masa pendaftaran.

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, kuota pendaftar KPPS saat ini sudah terpenuhi 7 orang kali 1.900 TPS (13.300 KPPS) setelah KPU melakukan perpanjangan pada 18 Oktober lalu.

“Seperti PTPS, belasan ribu calon KPPS ini juga akan melakukan Rapid Test. Nama mereka juga akan diumumkan publik untuk mendapatkan masukan dan tanggapan,” kata Hani melakui pesan singkat.

Setelah melalui tahapan tersebut, ditambahkan Hani, mereka akan dipilih dan dilantik sebagai anggota KPPS yang rencananya akan dilaksanakan pada 18-20 November 2020. (Hery)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.