Bawaslu RI: Tabloid Indonesia Barokah Tidak Ada Unsur Kampanye

123

WONOSARI,  SELASA WAGE– Sudarmanto, SE Devisi Penindakan dan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunungkidul menyitir Bawaslu RI, Tabloid Indonesia Barokah (TIB) tidak ada unsur kampanye.

Sudarmanto menjelakan, ketika dihubungi via WhatsApp (WA), Selasa, (29/01). Dia memaparkan, bila ada dugaan pelanggaran non pemilu, itu ranah Dewan Pers dan Kepolisian RI.

Sudarmanto menambahkan, di Gunungkidul terkait TIB telah diadakan pertemuan antara Bawaslu, Kejaksaan, Kepolisian, Kantor Pos Wonosari, dan Kesbangpol, membahas tabloid tersebut.

Dari hasil pertemuan diperoleh beberapa poin penting diantaranya, tidak ada atau tidak ditemukan kiriman baru TIB yang masuk ke Gunungkidul.

Sementara itu tabloid yang sudah ada di Kantor Pos disetop tidak didistribusikan.

“Kalau ada masyarakat yang sudah menerima dan ingin mengembalikan bisa diserahkan ke kepolisian atau Panwas dengan Berita Acara penyerahan,” jelas Sudarmanto.

Dia juga menjelaskan terkait peredaran TIB Panwas tidak punya kewenangan menyita atau menarik, karena hingga saat ini belum ada indikasi pelanggaran pemilu yang ditemukan.

“Menarik atau menyita TIB bukan ranah Panwas,” jelasnya.

Sudarmanto menghimbau, bila masyarakat menerima tabloid tersebut bisa diserahkan ke pihak kepolisian. Masyarakat tidak perlu resah.

“Sampai hari ini Bawaslu tidak melakukan apapun kecuali pendataan baik jumlah dan tujuan pengiriman, selain itu kami meminta ke Panswas di tingkat desa untuk menginventarisir apa bila sudah ada yang terkirim ke masyarakat,” pungkasnya. (Ag/ig)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.