Bergabung Ke MKGR Seorang Dukuh Dikira Menjadi Pengurus Parpol

867

KARANGMOJO-MINGGU LEGI | Penggede salah satu parpol di Gunungkidul menginformasikan bahwa SEM, seorang Dukuh di salah satu Desa, Kapanewon Karangmojo dilantik menjadi pengurus salah satu partai politik di Rumah Makan Bebek Goreng Pak Kus, Sabtu, 18-2-2023.

Sementara itu di dalam Pasal 51 huruf (g) UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa disebutkan, Perangkat Desa dilarang menjadi pengurus partai politik.

Tri Asmiyanto, Ketua Bawaslu GunungkIdul saat dikonfirmasi menolak memberikan penjelasan, karena lembaga yang dipimpinnya tidak memiliki kewenangan penegakkan hukum untuk kasus tersebut.

“Penegakan Undang-undang Desa berada di bawah kewenangan Pemda,” jawab Tri Asmiyanto singkat, 19-2-2023.

Marwoto, selaku Penewu Karangmojo, saat dihubungi menjelaskan bahwa sepengetahuannya pelantikan itu tidak melibatkan partai politik.

“Maaf. Sepengetahuan saya MKGR belum sebagai Organisasi politik. Tapi Ormas / Orsos (Organisasi Sosial Kemasyarakatan) monggo dapat dikomunikasikan dengan Kesbangpol yang menangani hal ini,” ujar Penewu Karangmojo.

SEM, selalu pihak yang dilantik menyatakan, dirinya bergabung ke MKGR, bukan ke partai politik.

“MKGR itu ormas bukan partai politik. Musyawarah Keluarga Gotong Royong bergerak di bidang kemasyarakatan, legal standingnya sama dengan Nahdatul Ulama, Muhamadiyah,” kata SEM.

Fakta yang tidak bisa ditolak, Airlangga Hartarto Ketum Golkar dalam ultah MKGR ke 63 menyatakan sebagai organisasi cikal bakal lahirnya Partai Golkar, MKGR diharapkan bisa terus berjuang bersama rakyat. Termasuk mengamalkan Panca Moral MKGR dalam sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

(Bambang Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.