Berinvestasi, Jati JUN Cocok Ditanam di Gunungkidul

240

GEDANGSARI-Senin Kliwon | Darmawan Ansori pemilik kebun jati warga Kalurahan Ngalang, RT 01/RW 10, Kapanewon Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, tengah menjalani usahanya dan berinvestasi dengan cara menaman pohon Jati Unggul Nusantara (JUN). Usaha yang ia tekuni tersebut, cukup menjanjikan dan tidak terpengaruh pandemi.

Ditemui awak media di lahan miliknya Minggu (12/07) Darmawan mengatakan, bahwa perawatan pohon jati jenis JUN ini tidaklah sulit, dalam penanaman maupun perawatannya.

“Jati jenis Jati Unggul Nusantara (JUN) , merupakan jenis kayu jati yang paling cocok ditanam untuk tanah Gunungkidul,” jelas Darmawan.

 

 

Darmawan yang juga seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Tenaga Kesejahteraan Sosial Kapanewon (TKSK) Gedangsari ini menambahkan, bahwa untuk laku dipasarkan, pohon jati jenis ini memerlukan waktu 5-10 tahun.

“Setelah 5 tahun jati-jati yang jelek nanti akan kita sortir, agar yang tumbuh adalah yang paling baik dan saat kita jual merupakan jati-jati kualitas paling bagus”, imbuh Darmawan.

Sementara, saat ini Darmawan telah berhasil menanam kurang lebih 300 batang pohon jati di lahan seluas 2500 meter persegi, dari totol lahan 5000 meter persegi miliknya. [Ertiana]

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.