Bilik Penyemprot Disinfektan Otomatis, Upaya Cegah Penyebaran Corona di Pasar Hewan Munggi

151

SEMANU-SENIN KLIWON | Antisipasi penyebaran virus korona, pengelola Pasar Hewan Munggi, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul, membuat bilik penyemprotan desinfektan otomatis. Setiap mobil yang keluar maupun masuk pasar wajib melalui bilik penyemprot otomatis.

Mahendra Setiawan Mantri pasar hewan Munggi sekaligus Pengelola Pasar Hewan mengatakan, bahwa bilik penyemprotan desinfektan otomatis ini dibuat untuk menekan angka penyebaran virus korona khususnya di pasar hewan Mungg.

Bilik setinggi lebih dari 3 meter dengan lebar lebih dari 2 meter ini mampu menyemprotkan cairan desinfetan secara otomatis saat kendaraan melintasi bilik.

 

 

 

“Cara kerja bilik desinfektan ini sangatlah sederhana, kendaraan cukup lewat di bawah bilik dan secara otomatis sensor gerak yang dipasang akan menyemprotkan cairan desinfektan kendaraan yang ada melalui pipa-pipa yang didesain sedemikian rupa, sehingga sisi atas dan samping terkena cairan tersebut,” katanya Senin (13/07/2020) pagi.

Selain itu, khusus pada bagian bawah, pengelola juga mendesain agar ban roda juga terendam desinfektan setinggi 20 centimeter sesuai dengan protokoler kesehatan yang sudah dibuat.

Sementara itu, Virgilio Soriano Sekretaris Dinas Disperindag Kabupaten Gunungkidul mengungkapkan, pembuatan bilik desinfektan ini berawal dari banyaknya kasus antraks di Gunungkidul serta mewabahnya virus korona.

“Selain pembuatan bilik desinfektan, pengelola disini juga menerapkan kebijakan bahwa setiap pedagang dan pembeli wajib menggunakan masker serta tetap menjaga jarak selama bertransaksi di pasar hewan,” ucapnya.

Ia berharap dengan adanya bilik desinfektan ini mampu menekan serta menghentikan peyebaran virus korona khususnya di wilayah pasar hewan. (Hery)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.