BOP Menyoroti Target Tiga Kursi DPR RI PDIP Dapil DIY

137

YOGYAKARTA, KAMIS PAHING – Budi Oetama Prasetya (BOP), mantan Ketua DPRD Gunungkidul menilai, PDIP Dapil DIY berpeluang merebut 3 kursi DPR-RI. Target tersebut bisa tidak mulus, manakala tidak dibarengi kerja keras.

“Yang namanya peluang selalu terbuka, karena probabilitasnya maksimal segitu,” ujar BOB (25/07).

Tetapi, demikian analisa BOP, kalau dihitung potensi saat ini, maka cenderung ke angka 1 kursi daripada 3 kursi.

Pertimbangan BOP adalah faktor internal dan eksternal partai. Menurut mantan Ketua DPC PDIP Gunjngkidul ini, pengaruh faktor internal dan eksternal sama kuatnya.

PDIP DIY mendorong ulang dua tokoh incumbent Idam Samawi, dan My Esti Wijayati. Sulit digambarkan, bahwa kemungkinan hanya meraih satu kursi.

“Pileg 2019, internal yang kuat hanya Pak Idam, dan Mbak Esti, ada tambahan fotegetter penyanyi Katon Bagaskoro. Berbeda dengan Pileg 2014 masih ada kekuatan Bu Edimiati Pak Juwarto, Mas Pulung,” papar BOB.

Dia menjabarkan, Ignatius Katon Bagaskoro boleh populer. Meski daerah lain ada contoh artis yang melenggang ke Senayan, untuk DIY sangat berbeda.

“Contoh publik figur Suharto, SH mantan Bupati Gunungkidul. Kurang terkenal bagaimana dia. Tapi nyatanya suara di pileg 2014 jeblok,” demikian BOP menunjuk bukti.

Ada kekecualian, terang BOB, popularitas yang didukung kerja keras meraih empati pemilih, tentu menghasilkan output yang berbeda.

Sementara membangun empati, menurutnya tidak mudah. Membawa duit banyak pada masa kampanye, tidak menjamin lahirnya empati. Anjangsana rutin memikirkan keluhan warga itulah yang menurut BOP bakal menghasilkan kursi DPR RI secara nyata. (Agung/ig)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.