Dampak Virus Corona, Pariwisata Gunungkidul Lesu

623

WONOSARI – RABU PON | Penyebaran virus corona atau Covid-19 ke Indonesia, berpengaruh pada sektor pariwisata khususnya di Kabupaten Gunungkidul. Virus corona berdampak pada penurunan kunjungan wisatawan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul Sunyoto mengatakan, banyak kunjungan wisata dibatalkan lantaran isu virus corona.

“Penurunan kunjungan wisatawan mengalami tekanan jumlah pengunjung atau okupansi yang anjlok mencapai 70 persen bahkan lebih,” jelasnya, Rabu (18/03/2020).

Hal itu dapat terlihat dari kunjungan di hotel dan restoran yang menjadi anggota PHRI Gunungkidul. Selain penurunan wisatawan asing, bahkan wisatawan domestik pun turut mengalami penurunan.

Menurut Sunyoto, kunjungan wisata menurun disebabkan adanya larangan pemerintah daerah yang melarang warganya melakukan kegiatan ke luar wilayah, termasuk kunjungan wisata rombongan.

“Beberapa hari lalu, sudah banyak reservasi hotel dan restoran yang dibatalkan, mungkin total ada sekitar ribuan wisatawan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan, dampak corona terhadap kunjungan pariwisata di Gunungkidul sangat terlihat, terutama wisatawan mancanegara. Hal itu dapat disampaikan dari data operator di lokasi, terjadi penurunan kunjungan yang cukup tajam.

Namun demikian, semua itu akan menjadi suatu catatan besar dan PR bersama, karena semua ini merupakan bencana nasional yang harus disikapi dengan sabar.

“Langkah kita yakni, bagaimana cara memutus rantai penyebaran virus, yang harus kita lakukan terkait dengan dunia pariwisata,” jelas Harry.

Harry berharap, masyarakat dapat memiliki komitmen dan aksi nyata bersama untuk dapat menghentikan penyebaran corona di Kabupaten Gunungkidul.

“Semoga tidak menyebar kemana-mana, masyarakat dan palaku wisata bisa terjaga kesehatannya. Begitu juga wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul, semua dapat terjaga kesehatannya,” pungkas Harry. (hr)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.