Danais Support Milyaran Rupiah Untuk Ribuan Kelompok Jaga Warga

306

WONOSARI – Selasa Legi | Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2020 hingga 2024 menargetkan terbentuknya 4.500 kelompok Jaga Warga. Tahun 2020 Danais mengucurkan uang sebesar Rp 1,2 milyard untuk 4 kabupaten 1 kota.

Hal di atas diungkapkan Rizal, S.Sos. M Si. Kasubdit Kewaspadaan Nasional Kesbangpol DIY dalam acara sosialisasi Peraturan Gubernur No. 6 Tahun 2019 Tentang Jaga Warga, di Aula Jimbaran, GK Steak, Siyonoharjo, (25/02/20).

 

 

“Jaga Warga adalah sekumpulan orang yang memiliki kesamaan aspirasi dalam upaya menumbuhkan kembali nilai luhur yang hidup atau yang ada di masyarakat dalam rangka mewujudkan keistimewaan dengan penguatan persatuan dan kesatuan, guna melindungi dan menjaga ketahanan, keamanan, ketertiban umum, ketentraman dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Rizal mengutip Pasal 1 Ayat 1, Pergub 6 Tahun 2019.

Lembaga yang kelak  akan dibentuk oleh Desa dan secara  resmi akan menerina SK, menurut Rizal bertugas memberi masukan kepada Kelompok Siskamling yang saat ini telah terbentuk di setiap padukuhan.

Pengurus Jaga Warga, menurut Pergub No. 6 Tahun 2019, semua berasal dari tokoh padukuhan setempat. Mereka bergerak secara mandiri,  mengidentifikasi berbagai macam persoalan yang ada di padukuhan masing-masing.

Pemerintah DIY memberi suport dana  sebesar Rp 350 ribu. Itu hanya untuk keperluan rapat, tidak untuk yang lain.

“Catatan sekilas,  di Kabupaten Gunungkidul hampir 40% padukuhan telah terbentuk Jaga Warga,” timpal Kepala Kesbangpol Gunungkidul, Drs. Wahyu Nugroho, M.Si.

Hadir dalam kesempatan sosialisasi tersebut di antaranya  Kepala Dinas Lingkungan Hidup,  Camat Karangmojo, serta ASN dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah yang lain. (Bambang Wahyu Widayadi)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.