Dua Pekan Gelar Operasi Patuh Progo, Satlantas Gunungkidul Tilang Ribuan Pelanggar

186

WONOSARI – SABTU LEGI | Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul mengeluarkan ribuan surat tilang untuk para pelanggar lalu lintas selama masa Operasi Patuh Progo pada 23 Juli sampai 05 Agustus 2020 kemarin.

Tercatar sebanyak 1.051 surat tilang telah dikeluarkan. Jumlah tersebut menurun drastis dibandingkan tahun sebelumnya. Pelanggarannya pun beragam yakni pengendara roda dua yang tidak memakai pelindung kepala (helm), tidak menyalakan lampu, plat nomor tidak terlihat, hingga knalpot yang tidak standar atau blombongan.

Kanit Laka Polres Gunungkidul Iptu Soni Yuniawan mengatakan, pelanggaran didominasi pengendara roda dua, namun sejumlah kendaraan roda empat bermuatan juga terjaring razia.

“Pelanggaran roda empat (R4) yang dilakukan merupakan kapasitas muatan yang melebihi batas,” katanya Jumat (07/08/2020).

Iptu Soni menambahkan, jika dibandingkan tahun sebelumnya, penurunan pelanggaran mencapai 80 persen. Salah satu penyebabnya yakni kondisi lalu lintas yang cenderung sepi lantaran saat ini di masa pandemi Covid-19.

Saat operasi kemarin, petugas juga melakukan operasi yang bersifat preventif, berkaitan dengan pencegahan Covid-19 yakni teguran untuk pengendara yang tidak mengenakan masker.

“Selain penilangan, Polres Gunungkidul juga mencatat sebanyak 934 teguran terkait penggunaan masker serta lampu kendaraan yang tidak menyala,” jelas Sony.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Anang Trinuviyan mengatakan, dalam operasi ini,pihaknya lebih fokus pada pelanggaran kasat mata dan berpotensi laka lantas.

“Fokus operasi kita di jalur lintas Yogyakarta-Wonosari, dimana jalan tersebut yang kerap terjadi laka lantas,” katanya.

Anang menjelaskan, selama operasi di gelar, tidak ada laka lantas yang ditemukan. Namun demikian, pihaknya tetap mengimbau para pengendara untuk selalu berhati-hati.

“Bisa dibilang operasi kali ini lebih lancar, dan lebih bisa menekan angka pelanggaran dan laka,” ucapnya. (HRY)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.