Verfak ke-2 Calon Independen Segera Dilaksanakan, Tiga Panwascam Gelar Koordinasi

209

WONOSARI – SABTU LEGI| Dalam rangka pelaksanaan kegiatan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gunungkidul, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Wonosari, Semanu dan Playen bersama Panitia Pengawas Pemilu Desa (PPD) menggelar rapat koordinasi di salah satu Rumah Makan wilayah Gadungsari Kelurahan Wonosari, Sabtu, (08/08/2020).

Materi pokok dari koordinasi tersebut terkait pelaksanaan Verifikasi Faktual (Verfak) yang akan dilaksanakan pada 10-16 Agustus 2020. Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota Bawaslu Gunungkidul Devisi Penanganan dan Pelanggaran, Sudarmanto, SE.

Dalam pengarahannya, Sudarmanto menyampaikan, persiapan pengawasan verfak dari calon independen dilaksanakan secara berjenjang. Sudarmanto menekankan kepada jajaran PPD dibantu Panwascam, agar aktif dalam pengawasan lapangan, sehingga pelaksanaan verifikasi berjalan sesuai regulasi yang ada.

“Untuk data dukungan calon perseorangan 3 kecamatan saya kurang hafal, karena yang pegang datanya divisi PHL” ungkap Darmanto.

Lebih lanjut dia menyampaikan, peran PPD dalam pengawasan verfak sangat penting karena berbasis desa dan sebagai verifikator dilakukan oleh jajaran Panitia Pemungutan Suara (PPS).

” Dalam verfak yang ke dua nanti, para pendukung calon independen akan dikumpulkan oleh LO masing-masing sehingga tidak seperti kemarin petugas verifikator datang rumah-ke rumah. Kami dari Bawaslu juga menekankan dalam setiap tahap kegiatan Pilkada ini tidak melupakan protokol kesehatan pencegahan Covid19,” tutup Sudarmanto. (ERT)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.