Dukung UMKM Pemdes Sambirejo Jalin Kerjasama

103

NGAWEN-Sabtu Pon | Guna mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen, Pemdes menjalin kerjasama antara Pemkab Gunungkidul, Fakultas Pertanian UGM dan BRI Micro Finance. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan bertempat Balai Desa Sambirejo, Sabtu (31/8/2019).

Dikatakan Kepala Desa Sambirejo Yuliasih Dwi Martini, Desa Sambirejo terdapat lima UMKM. Selama ini para pengusaha UMKM mengalami kendala dalam hal pemasaran.

VIDEO TERBARU:

“Dengan kerjasama ini, nantinya akan membentuk ekosistem bisnis. Dimana, Pemdes mengajak masyarakat aktif dalam produksi dibantu pihak UGM dalam hal pendampingan dan penyuluhan,” ungkap Yuliasih.

Sementara BRI siap mendanai, terang Yuliasih, sedang Pemkab Gunungkidul membantu dalam hal pemasaran.

Di tempat yang sama praktisi UGM Profesor Sunarru Samsi Hariadi mengatakan, Desa Sambirejo memiliki potensi bahan makanan yang didominasi bidang pertanian.

Namun, menurutnya sampai saat ini air masih menjadi kendala utama. Untuk mengatasi hal tersebut pihak Pemdes berencana mengadakan riset, agar teknologi pertanian khususnya sayur bisa terus tumbuh sekalipun pada musim kemarau tiba.

Selain itu, disampaikan pula Profesor, UGM juga akan membantu dalam pengolahan hasil bumi agar menjadi bahan olahan yang layak dijual.

“harapan saya kerjasama ini bisa terus terjalin agar benar-benar bisa dirasakan manfaatnya,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Johan Eko Kepala Disperindag Kabupaten Gunungkidul mengatakan, kedepan pemerintah akan melakukan kampanye bersama dengan OPD di media sosial dengan sasaran kaum milenial. (red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.