Jathilan Kontemporer Dalam Posisi Trance Request Lagu

154

PATUK – Minggu Kliwon | Pentas  budaya setelah HUT RI ke 74, sekaligus menyonsong Bersih Dusun Senin Legi 19 Agustus 2019, Padukuhan Putat Wetan, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, tergolong langka. Pemain jathilan kontemporer dari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah request lagu Kanggo Riko.

Sebelum meminta tembang, salah satu pemain dalam posisi trance (antara sadar dan tidak) minta diiring lagu wajib Dari Sabang Sampai Meraoke.

VIDEO TERKAIT: 

Penari jungkir balik di panggung tanah berdebu, dikelilingi penonton  melakukan improvisasi mengikuti irama kendang.

Penari sempat panjat pagar pembatas memperagakan perang merebut kemerdekaan. Tiarap, bahkan merangkak sembari memegang senjata tiruan berupa tongkat, yang sebelumnya diminta dari tangan pawang jathilan.

Sepertinya pemain itu juga bisa kecapekan. Dia berisyarat minta minum air putih. Usai menenggak  segelas,  melalui pawang dia request tembang bertajuk Kanggo Riko.

Sebagian penonton tercengang, karena dalam posisi merendah aktor jathilan itu mempersilakan penyanyi untuk duduk di atas kaki yang setengah ditekuk.

Seperti manusia sadar, penari tersebut berjoget bersama penyanyi yang diiringi organ tunggal, Gading Narada. (Bambang Putih)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.