Jumat Besok, BST Kemensos Tahap Pertama 2021 Akan Disalurkan di Gunungkidul

833

WONOSARI-RABU WAGE | Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI akan disalurkan pada Jumat (15/01/2021) mendatang. Penyaluran BST ini menjadi yang pertama di tahun 2021.

Kabid Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Gunungkidul, Hadi Hendra Prayoga menyampaikan bahwa, penyaluran akan dilaksanakan oleh PT Pos Indonesia.

“Akan ada beberapa penyesuaian oleh PT Pos terkait skema penyalurannya,” jelas Hadi pada Rabu (13/01/2021).

Ia menagatakan, penyesuaian yang dimaksud adalah mengenai titik lokasi penyaluran, hari, hingga waktu penyaluran. Akan ada penambahan berdasarkan tiga faktor tersebut. PT Pos juga akan menerapkan sistem jemput bola. Artinya BST akan diantarkan ke rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Prosedur ini berlaku bagi penerima yang tengah sakit, lansia, atau disabilitas.

“Tapi untuk teknisnya seperti apa ada di PT Pos. Mereka juga yang berkoordinasi dengan tiap kalurahan,” jelasnya.

Menurut Hadi, penerima BST Kemensos RI pada tahap pertama 2021 ini ada sebanyak 39.748 KPM. 4.346 KPM sebelumnya menerima lewat Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), namun kini disatukan semuanya lewat PT Pos.

Terpisah, Kepala Dinsos Gunungkidul Siwi Iriyanti mengatakan bahwa, penyaluran BST ini sudah jadi instruksi Kemensos. Meski saat ini masa PSTKM, penyaluran tetap akan dilakukan. Pihaknya pun juga telah berkomunikasi dengan PT Pos untuk pengaturannya, agar tetap sesuai protokol kesehatan (prokes).

“Ealuasi dari pelaksanaan penyaluran BST terus dilakukan sejak Juni 2020. Termasuk dalam hal pengaturan skema penyaluran bagi ribuan KPM,” katanya Rabu (13/01/2021).

Ia menyebut PT Pos sudah berkoordinasi dengan Koramil, Polsek, hingga kalurahan di tiap kapanewon. Gunanya memastikan proses penyaluran bisa berjalan lancar tanpa menciptakan kerumunan.

“Sudah diatur bagaimana jadwal pengambilannya, jadi kami harap nanti prosesnya berjalan lancar,” ujar Siwi. (Hery)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.