Kantongi Segudang Prestasi, Dokakido Siap Bidik Pasar Internasional

326

PATUK-SENIN PAHING | Dodol Kakao Kidul Mbendo (Dokakido) sukses mengantarkan Dwi Setyaningsih sebagai juara pertama dalam kompetisi wirausaha muda pemula yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi Republik Indonesia tahun 2018 lalu. Tak sampai disitu, berkat ketekunan seorang mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) fakultas Bahasa Inggris ini, berhasil menyabet segudang prestasi lainnya.

Di tahun 2019, Dwi Setyaningsih kembali sukses sebagai juara pertama dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dalam Kompetisi Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo di Batam. Di tahun yang sama,dengan mengusung Dokakido Dwi Setyaningsing eksis sebagai finalis akselerasi starup Indinesia 2019.

Hadiah manis di 2020, Dokakido lanjut mengantarkan Dwi menjadi pemenang dalam KBMI 2020. Disusul dengan prestasi lainnya yakni pemenang Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang diselenggarakan Kemenpora RI dan finalis Diploma Success Challenge XI 2020.

Dwi Setyaningsih yang akrab dipanggil Nining ini menjelaskan, motivasi dalam menjalankan usaha, yakni untuk meningkatkan ekonomi petani kakao khususnya yang ada di Kalurahan Putat, Kapanewon Patuk. Selain itu,Nining ingin menjadikan produk asli Gunungkidul ini lebih dikenal masyarakat luas.

“Bahan baku kita ambil dari hasil para petani kakao yang ada di Kalurahan Putat. Kami mencoba berdayakan masyarakat sekitar dalam pengolahannya,” terangnya.

Nining berharap, Dokakido ini bisa membawa nama Gunungkidul hingga kancah nasional maupun internasional. Selain itu, Dokakido diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja bagi warga msyarakat sekitar.

“Untuk pemasaran kami menggunakan dua metode baik offline maupun online,” terangnya.

Selain bekerjasama dengan toko-toko modern, Nining mencoba mengenalkan Dokakido melalui event dan pameran-pameran.

Dengan kualitas dan keunikan produk, Dokakido telah bersiap membidik pasar nasional maupun internasional. (Agus SW)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.