Kawasan Wisata Kalisuci Ditutup Sampai Batas Waktu Tidak Ditentukan

143

SEMANU – SENIN PON | Destinasi Wisata Cave Tubing Kalisuci di Padukuhan Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu ditutup sementara waktu oleh pihak pengelola, Sabtu (21/03/2020). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Ketua Pengelola Wisata Cave Tubing Kali Suci, Suyanto mengatakan, setelah mendapat imbauan dari pemerintah pusat maupun provinsi, terkait penyebaran Covid-19, pihaknya langsung mengambil langkah untuk menutup wisata Kali Suci.

“Kita cepat ambil sikap untuk memutus rantai jaringan penyebaran Covid-19, karena tempat ini kebanyakan pengunjung dari luar daerah, sedangkan di luar daerah sudah banyak yang mengisolasi atau mengondisikan darurat,” katanya saat ditemui di Halaman Kantor Sekretariat Wisata Kalisuci, Minggu (22/03/2020).

Ia menjelaskan, sejak adanya penyebaran Covid-19, terdapat penurunan kunjungan wisatawan hingga sampai 75 persen. Rata-rata hari biasa pengunjung sekitar 35 sampai 50 orang, di hari libur capai 100 orang, sementara sebelum ditutupnya wisata pada akhir pekan lalu hampir tidak ada pengunjung.

“Setelah ditetapkan sebagai darurat Covid-19, hampir tidak ada pengunjung,” katanya

Ia menambahkan, penutupan wisata akan dilakukan dalam batas waktu yang tidak ditentukan, pihaknya akan menunggu kondisi selanjutnya yang aman untuk dibuka kembali.

“Demi kebaikan bersama juga, kami sangat menghargai ini, karena menyangkut masalah keselamatan nyawa semua orang,” pungkas Suyanto. (heri)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.