Kejagung Awasi Aliran Agama Budha Baru Shinsei Bukkyo

1067

JAKARTA, SENIN PON-Kejaksaan Agung melalui Jaksa Agung Muda Intelijen di bawah Direktur Sosial Budaya dan Kemasyarakatan (Direktur B), mengawasi munculnya aliran kepercayaan baru Shinsei Bukkyo (SB) yang dimotori Rudy Chandra. SB dinilai berpotensi mengganggu ketertiban umum.

Yusufselaku Direktur B mengatakan, berdasarkan laporan masyarakat, sekte SB menyebut Rudi Chandra sebagai Tuhan. Hal ini dinilai menganggu ketentraman warga desa Citarunggal, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Karena itu kami memonitor kegiatan sekte SB bersama Bakor (Badan Koordinasi) Pakem (Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat) Kabupaten Bogor,” ucap Yusuf di Jakarta, Sabtu (22/12/2018).

Dia meminta Bakor Pakem menggelar rapat untuk mengusut kebenaran informasi tersebut.

“Hal itu dilakukan untuk menjaga ketentraman dan ketertiban umum. Kejagung menunggu laporan berjenjang hingga 4 Januari 2019 mendatang,” ungkap Yusuf.

Jaksa Harus Pegang Kepatuhan Hukum Untuk Estafet Kepemimpinan

Sebelumnya, beberapa media mewartakan, bahwa SB belum masuk di Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi). Aliran Buddha dari Jepang yang ada dan diakui Walubi baru Nichiren Shoshu.

SB, menurut Yusuf merupakan agama Budha baru yang berkembang di Jepang sejak 1954. (edw/red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.