Kekeringan Melanda Wilayah Gunungkidul, Gerakan Pramuka Kwarda DIY Terpanggil

85

TEPUS-Mingu Legi | Perhatian yang datang dari berbagai pihak tak terkecuali Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) DIY, terhadap kekeringan yang melanda di beberapa wilayah Kabupaten Gunungkidul. Terpanggil untuk meringankan beban masyarakat, Ketua Kwarda DIY, GKR Mangkubumi, terjun menyalurkan puluhan tangki air bersih ke Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Sabtu, (7/9/2019).

Ketua Kwarda DIY yang juga merangkap Wakil Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) bidang Pengabdian Masyarakat (Abdimas), GKR Mangkubumi mendorong agar Pramuka khususnya di DIY dapat berperan aktif.

VIDEO TERKAIT:

“Salah satunya, dengan membangun kepedulian dan meringankan beban masyarakat,” ungkap GKR Mangkubumi.

Ditambahkanya, Gerakan Pramuka Kwarda DIY membentuk Badan Pengabdian Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Abdimasgana).

“Agar fokus dalam giat bhakti masyarakat dan penanganan bencana,” jelasnya.

Kehadiran dan keaktifan anggota Pramuka, GKR Mangkubumi menuturkan, baik di level nasional maupun daerah dalam penanganan bencana telah lama dilaksanakan.

“Seperti bencana, gempa bumi, erupsi merapi, angin kencang, banjir, siklon tropis dan lainya. Masyarakat membutuhkan kepedulian kita,” ujarnya.

Untuk turut serta meringankannya, lebih jauh dijelaskan GKR Mangkubumi, melalui kegiatan yang langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagai contoh penyaluran air bersih seperti saat ini.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.