Kemendikbud Wacanakan Belajar Tatap Muka Juli 2021

340

WONOSARI-JUMAT PON | Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali mewacanakan belajar tatap muka di sekolah. Pelaksanaannya pun direncanakan pada bulan Juli 2021 mendatang.

Merespon wacana tersebut, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul menyatakan siap. Sebab mereka berkaca dari hasil kajian yang sudah dilakukan.

“Berdasarkan kajian tersebut, untuk jenjang SMP misalnya 98 persen menyatakan siap,” kata Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdikpora Gunungkidul, Kisworo, Jum’at (26/02/2021) siang.

Adapun kajian tersebut sudah dilakukan sejak awal 2021 ini. Hal yang masuk dalam pantauan kesiapan adalah fasilitas hingga tenaga pengajar di sekolah. Kisworo juga mengatakan jenjang SD dan PAUD juga siap melaksanakan belajar tatap muka tersebut. Hanya saja, pihaknya tetap menanti instruksi resmi dari pusat mengenai hal tersebut.

“Kebijakan ini harus satu komando, jadi kami sepenuhnya menunggu keputusan pemerintah pusat,” jelasnya.

Disdikpora Gunungkidul sendiri sejak akhir 2020 lalu sudah menyusun skema belajar tatap muka. Adapun skema tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi COVID-19. Sebagai contoh, jumlah peserta didik dalam satu kelas dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas penuh. Nantinya tempat duduk antar pelajar akan diberi jarak, masker pun wajib dikenakan.

Durasi waktu belajar pun akan dibatasi dari jam normalnya. Secara otomatis, tidak akan ada waktu istirahat, karena pelajar langsung dipulangkan begitu kegiatan belajar selesai Pihak sekolah nanti juga harus memastikan pelajar langsung pulang begitu kegiatan belajar selesai,” jelas Kisworo.

“Skema rinci mengenai belajar tatap muka di sekolah ini sudah tertuang dalam petunjuk teknis (juknis) yang telah tersusun. Selain itu kami mengedarkan juknis tersebut ke seluruh satuan pendidikan,” ucapnya. (Heri)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.